Thursday, December 8, 2011

Trik Cara Membuat Panjang Kabel USB Modem

Advertisement

Trik Cara Membuat Panjang Kabel USB Modem - Pernahkan diantara anda yang mencoba untuk memperpanjang kabel USB modem dengan kabel UTP atau disebut juga USB extender, dengan tujuan agar koneksi sinyal modem bagus atau sinyal menjadi fullbar karena dengan dipanjangkan kabel modem tersebut dan ditaruh diluar kamar kita maka sinyal yang didapat bisa menjadi fullbar.. ini yang saya alami ketika saya mencoba modem intenet saya yang sinyalnya hanya 1 bar dan koneksinya kayak siput lagi jalan, maklum mainnya juga didalam kamar, dan lagi - lagi kali ini saya harus mencoba mempraktekannya, dimana kebetulan saya mempunyai kabel usb dan kabel UTP / kabel jaringan.
Sedikit pemberitahuan : Jika anda membuat kabel dengan panjang nya 7 sampai 10 meter dipastikan anda gagal, gunakanlah kabel yang berukuran 5 sampai 6 meter. Saya juga tidak tahu kenapa 10 meter tidak bisa. karena saya sudah mencoba dengan 10 meter dan selalu gagal. mungkin karena terlalu kepanjangan kali ya .
Sebelumnya saya pernah membahas tentang Trik Menghemat Bandwidth Internet dan Tips Mempercepat Koneksi Modem Internet hingga 20%
Oke dalam tutorial singkat ini saya akan langsung menjelaskan cara-caranya.

Bahan-bahan yang saya gunakan:
- Kabel jaringan atau kabel UTP
- Kabel usb

Langkah 1
- Kelupas kabel UTP / kabel jaringan anda (contoh gambar)












Langkah 2
- Potong kabel data anda / kabel USB menjadi 2 bagian. (contoh gambar)










Langkah 3
- Perhatikan kabel USB. biasanya, ada warna merah, hitam, dan putih, hijau. Merah dan hitam biasanya untuk tegangan daya 5V. Hijau putih biasanya merupakan kabel data USB

Langkah 4
Perhatikan baik-baik warna kabel yang di satukan menjadi satu, sehingga kita mempunyai "empat" kabel dari delapan kabel UTP, kabel UTP yang dijadikan satu adalah,

   1. putih oranye – oranye (2 kabel)
   2. putih hijau (1 kabel)
   3. hijau (1 kabel)
   4. putih biru, biru, putih coklat, coklat (4 kabel)

Langkah 5
Siapkan kabel UTP dengan kabel USB, karena sekarang kita akan mencoba mempersatukan kabel-kabel tersebut. (Lihat gambar)









Keterangan :
Kabel UTP USB
putih oranye – oranye (2 kabel) merah
putih hijau (1 kabel) putih
hijau (1 kabel) hijau
putih biru, biru, putih coklat, coklat (4 kabel) hitam

Pastikan untuk sambungan kedua kabel tersebut, anda bisa dengan cara mensolder atau dengan thermofit atau dengan menyambungkan dengan biasa, juga tidak apa-apa tetapi disarankan di solder kemudian dilapisi solatip agar sambungan kedua kabel tersebut tidak putus.

Setelah semua sudah selesai disambungkan, anda bisa langsung mencoba nya.

Dan jika ada yang belum paham bisa berkomentar di form dibawah ini.
Sekian..Semoga bermanfaat.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Trik Cara Membuat Panjang Kabel USB Modem

3 comments:

  1. gan kalo gak pake kabel utp bisa gak gan ? ane punya nya kabel usb 5 m gan triknya gmana ya gan? tlg ya gan

    ReplyDelete
  2. saya dah buat seperti apa yang tertulis di atas tapi begitu saya koneksikan ke flashdisk ternyata tidak terdeteksi, semua kabel saya cek satu persatu dan oke arttinya nyambung semua, apa mungkin arusnya yg agk nyampai atau gimana, terus solusinya gimana ya..... oh ya kabel saya panjangnya sekitar 15 m. makasih

    ReplyDelete
  3. @LESSAI : Memang pengaturannya seperti itu gan..
    Jika pengaturan kabel nya dirubah tidak akan terdetek oleh komputer..

    Saya sudah mencobanya dan hasilnya berhasil gan..

    ReplyDelete