Sunday, February 8, 2015

Mengetahui Implementasi dan Keunggulan IPv6

Advertisement

Mengetahui dan Keunggulan IPV6
Mengetahui Implementasi dan Keunggulan IPv6 - Salam IT Newbie, Untuk saat ini dunia sedang mengalami krisis IPv4, mengapa demikian? karena dimana IPv4 sudah tidak mampu lagi untuk mengakomodasikan semua pengguna internet dalam mengakses informasi. Namun dari sebagian orang masih kurang mengerti tentang IPv6 dan menjadi hal yang asing, karena jumlah bit yang terlalu panjang dan dengan menggunakan hexadecimal, itu yang membuat kita untuk sulit mempelajari IPv6. Padahal jika kita telusuri dan pelajari IPv6, banyak sekali potensi dan keunggulan dari IPv6.

IPv6 merupakan sebuah penyempurnaan dari IPv4 yang sudah tidak mampu lagi untuk mengakomodasikan semua pengguna dalam berkomunikasi. Dengan adanya IPv6 merupakan solusi yang sangat tepat untuk menggunakan sistem komunikasi global.

Pada saat awal ditemukannya, IPv6 memang sudah diproyeksikan akan menggantikan IPv4 yang sudah diprediksikan jauh-jauh yang akan habis. Tetapi para pakar IT dari seluruh dunia menyimpulkan bahwa migrasi dari IPv4 ke IPv6 tidak lah mudah, oleh karena itu pakar IT membuat beberapa cara agar proses mirasi tersebut dapat berjalan dengan baik tanpa harus merusak sistem yang sudah ada sebelumnya

Berikut ini tantangan-tantangan yang dihadapi ketika melakukan migrasi dari IPv4 ke IPv6 :
1. Pendukung jaringan berbasis IPv6 masih kurang, dan juga belum banyak aplikasi yang berbasis IPv6
2. Permintaan terhadap IPv6 masih sangat kurang atau sedikit.
3. Implemetasi berbasis IPv6 masih harus membutuhkan banyak sumber, mulai dari sarana, informasi, perangkat pendukung, dan dokumentasi-dokumentasi lainnya
4. Sangat sulit untuk migrasi dari IPv4 ke IPv6 karena internet sudah besar dengan menggunakan IPv4 oleh karena itu diperlukan kordinasi dari banyak pihak.

Namun sebenarnya jika kita mengetahui dan mengenal IPv6 banyak sekali keunggulan dari IPv6, berikut ini keunggulan-keunggulan dari IPv6 :

1. Memiliki fitur keamanan yang kuat
2. Memiliki jumlah address sebanyak 128 bit
3. Memiliki penyempurnaan  protokol dari versi sebelumnya yaitu IPv4
4. Header yang sangat sederhana
5. Memiliki kemampuan Qos yang lebih baik dibandingkan IPv4
6. Mobilitas yang sangat tinggi
7. Memiliki kemampuan multicasting
8. Dan keunggulan lainnya.

Dengan mengetahui Keunggulan IPv6, IT Newbie harapkan para IT mulai mempelajari IPv6 yang merupakan era teknologi terbaru. Setidaknya kita akan bergerak maju tidak hanya berdiam diri dan akan tertinggal teknologi-teknologi terbaru.

Semoga tutorial Mengetahui Implementasi dan Keunggulan IPv6 ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan sobat semua.
Salam IT Newbie.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengetahui Implementasi dan Keunggulan IPv6

0 comments:

Post a Comment