Sunday, March 8, 2015

Tips Cara Memperbaiki DVD Drive yang Tidak Terdeteksi di Windows 8

Advertisement

Memperbaiki DVD Drive di Windows 8
Tips Cara Memperbaiki DVD Drive yang Tidak Terdeteksi di Windows 8 - Permasalahan utama setelah install maupun upgrade dari operasi sistem windows 7 ke windows 8 yaitu hilangnya ikon CD/DVD drive optik. Kenapa Windows 8 tidak bisa mendeteksi CD/DVD drive?, menurut pengalaman IT Newbie, karena CD/DVD drive tidak muncul secara baik di windows explorer maupun dalam menu device manager. 

Pada tutorial yang lalu IT Newbie pernah membahas tentang Cara Install Windows 8 dengan Menggunakan USB Flashdisk dan Tips Cara Mudah Install Net Framework 3.5 offline di Windows 8. Namun kali ini IT Newbie akan memberikan sedikit informasi tentang cara memperbaiki CD/DVD drive yang tidak terdeteksi di windows 8.
IT Newbie sendiri tidak yakin tentang permasalahan utama dari tidak dikenalinya CD/DVD drive di windows explorer maupun di device manager. Setelah berulangkali mencari referensi di forum-forum maupun blog-blog luar, hasilnya IT Newbie menemukan beberapa cara yaitu, sebagai berikut :
Cara 1 :
1. Sobat dapat membuka command prompt (CMD) pada menu run dengan memiliki akses administrator

2. Setelah command prompt terbuka, sobat dapat mengcopy-paste code seperti dibawah ini :
reg.exe add "HKLM\System\CurrentControlSet\Services\atapi\Controller0" /f /v EnumDevice1 /t REG_DWORD /d 0�00000001


3. Kemudian sobat dapat keluar dari command prompt dan restart komputer/laptop sobat.

Cara 2 : 
Untuk beberapa komputer, cara pertama diatas ada yang tidak berhasil, tetapi disini IT Newbie memberikan trik lainnya yaitu dengan menggunakan aplikasi utilities, aplikasi dengan nama CD-DVD Icon Repair bisa sobat dapatkan secara gratis disini

Aplikasi Memperbaiki CD-DVD Repair

CD-DVD Icon Repair merupakan aplikasi portable yang memiliki fungsi untuk memperbaiki windows yang tidak dapat mendeteksi drive CD/DVD. Walaupun aplikasi ini dirancang untuk windows 7 tetapi tetap bisa dijalankan di windows 8.

Untuk penggunaannya sobat dapat mengklik tombol repair CD-DVD Icon. Setelah itu sobat bisa restart PC sobat.

Dengan mengikuti 2 cara seperti langkah-langkah diatas, setidaknya IT Newbie bisa mengembalikan CD-DVD drive yang tidak terdeteksi di Windows 8. Dan hasilnya memuaskan, berhasil dengan sempurna.

Semoga tutorial Tips Cara Memperbaiki DVD Drive yang Tidak Terdeteksi di Windows 8 ini dapat bermanfaat untuk sobat semua.
Salam IT Newbie..

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Cara Memperbaiki DVD Drive yang Tidak Terdeteksi di Windows 8

3 comments:

  1. gan mau tanya, kalo flashdisk ga kebaca, gimana caranya biar bisa kebaca?

    ReplyDelete
  2. Mw nanya dong gan saya pnya kaset game drmh, tpi gak kbca sma kompi saya, tpi kaset yg laen kebaca, nah ane minta solusinya biar basa kebaca mas apalagi ini gamenya baru dkrim dri jakartanya langsung jdi gmungkinkan gak kebaca gara" rusak kasetnya, ksh solusinya yah mas tolong lagi ngebet nih pgn maen :((

    ReplyDelete