Tuesday, January 6, 2015

Tips Cara Memperbaiki Klik Kanan Mouse yang Tidak Berfungsi

Advertisement

Right Click
Tips Cara Memperbaiki Klik Kanan Mouse yang Tidak Berfungsi - Salam IT Newbie.. Pernahkah diantara sobat yang mengalami seperti saya ini dimana fungsi klik kanan pada mouse tidak berfungsi. Sempat bingung dan pusing karena harus menyelesaikan tugas kantor yang banyak, karena harus selesai malam ini juga sudah di tunggu client.. (lho kok jadi curhat??) hahaha..

Jika dilihat dari sisi mouse, mouse tidak mengalami kerusakan apapun karena terakhir kali saya pakai untuk menggambar photoshop. Sempat berfikir mungkin karena dikerjai virus yang terkadang mengganggu apapun yang berhubungan dengan program maupun fungsi keyboard ataupun mouse. satu jam saya menganalisa kenapa mouse ini bermasalah, saya mencoba untuk mencabut dan memasang kembali mouse tersebut namun tetap saja tidak berpengaruh, saya coba lagi untuk dipasang di komputer lain dan hasilnya bisa bekerja dengan baik. Setelah berfikir lagi, ada kemungkinan komputer yang saya pakai terjadi kesalahan pada settingan mouse. Dan ternyata benar settingan registry berubah dan kemungkinan telah di rubah oleh kelakuan jahat virus.


Untuk sobat yang ingin tahu bagaimana saya memperbaiki registry nya, langsung saja akan kita bahas langkah-langkahnya, seperti berikut ini :

1. START - Run. Ketikan regedit, kemudian tekan enter
2. Cari pada bagian  HKEY_CURRENT_USER > Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Policies > Explorer
- Pada bagian kanan layar sobat akan melihat tulisan NoViewContextMenu
4. Klik kanan pada tulisan tersebut, lalu pada bagian value isikan angka 0
5. Lalu periksa juga pada bagian ini HKEY_LOCAL_MACHINE > Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Policies > Explorer
6. Lakukan hal yang sama seperti pada tahapan no.3 dan 4
7. Keudian Tutup jendela Registry dan lihat hasilnya

Dan ternyata komputer saya memang dikerjain oleh virus yang telah merubah NoViewContextMenu menjadi angka 1, dimana angka 1 tersebut yaitu mengaktifkan fungsi tersebut. Memang saat saya mencolokan flashdisk komputer menjadi aneh dan langsung saat itu pula virus terdeteksi, namun saat virus sudah terhapus oleh anti virus namun yang tersisa yaitu perubahan registry yang masih tersimpan yang telah di rubah oleh si virus tersebut.

Sekian tutorial singkat tentang Tips Cara Memperbaiki Klik Kanan pada Mouse.
Semoga bermanfaat.. Salam IT Newbie

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Cara Memperbaiki Klik Kanan Mouse yang Tidak Berfungsi

0 comments:

Post a Comment