Monday, May 25, 2015

Solusi Cara Memperbaiki Laptop dan Komputer Tidak Bisa Mengeluarkan Suara

Advertisement

Cara Mengatasi dan memperbaiki laptop dan komputer yang tidak mengeluarkan suara pada windows xp, windows 7, dan windows 8, windows 8.1 dan ternyata banyak juga yang mengalami permasalahan seperti ini, terutama untuk sobat yang baru saja melakukan instalasi ulang pada sistem windows. Audio pada komputer dan laptop merupakan suatu sarana yang sangat penting bagi kita semua karena dengan adanya suara dan audio pada laptop maka kita akan enjoy dan nyaman saat didepan komputer.

Mendengarkan musik merupakan suatu pekerjaan yang membuat diri kita menjadi rileks saat kita mulai bosan dengan pekerjaan kita sehari-hari didepan komputer. Dengan adanya audio maka kita bisa melakukan banyak hal seperti mendengarkan musik, bermain game dan lain sebagainya.

Solusi Cara Memperbaiki Laptop dan Komputer Tidak Bisa Mengeluarkan Suara
Pada pembahasan terdahulu IT Newbie pernah membahas tentang cara mengatasi masalah resolusi pada windows 8.1 dan cara mencari driver hardware yang tidak terdeteksi pada laptop. Namun kali ini IT Newbie akan memberikan sebuah solusi Cara Memperbaiki Laptop dan Komputer Tidak Bisa Mengeluarkan Suara. Berikut ini cara dan langkah-langkahnya :

Penyebab Audio dan Sound Tidak Mengeluarkan Suara
Sebelum sobat ingin memperbaiki masalah laptop dan komputer yang tidak adanya suara maka kita harus mengetahui penyebabnya :

1. Volume suara none atau volume suara dalam keadaan mute
2. Port audio dan sound tidak terhubung
3. Port audio dan sound rusak karena terkena air dan sudah lama tidak digunakan
4. Driver audio dan sound pada laptop dan komputer tidak cocok
5. Driver audio dan sound pada laptop dan komputer belum terinstall
6. Speaker internal rusak
7. Speaker external rusak

Solusi Mengatasi dan Memperbaiki Laptop yang tidak Mengeluarkan suara
Pada langkah pertama pastikan sound dan audio pada bar dikanan bawah dalam keadaan hidup alias tidak mute.

Jika pada volume sudah dipastikan hidup alias tidak mute maka sobat sekarang bisa cek koneksi kabel speaker yang sobat hubungkan ke laptop, apakah memang sudah benar-benar tercolok atau kendur. Dan pastikan juga apakah kabel nya tidak bermasalah.

Jika pada koneksi kabel speaker sudah dipastikan semua sudah benar, ada kemungkinan terjadi ada pada driver audio/driver sound pada laptop. Untuk melakukan pengecekannya bisa dengan cara seperti berikut :

1. Klik kanan pada Mycomputer - klik tab hardware - klik device manager. atau bisa Control Panel\System and Security\System  (lihat gambar)

Solusi Cara Memperbaiki Laptop dan Komputer Tidak Bisa Mengeluarkan Suara

2. Sobat bisa memastikan hardware yang sudah terhubung dengan komputer dan yang belum terhubung dengan komputer, dan lihat pada bagian sound dan audio terdapat tanda tanya kuning yang berarti driver belum terinstall di komputer sobat (lihat gambar)

Solusi Cara Memperbaiki Laptop dan Komputer Tidak Bisa Mengeluarkan Suara
3. Jika memang driver sound audio belum terinstall maka sobat bisa download dan menginstall sesuai dengan merk laptop atau komputer sobat. Jika laptop sobat menggunakan laptop lenovo maka sobat dapat mendownload drivernya sesuai dengan type pada situs official lenovo.

Jika sudah sobat sudah melakukan install driver pada type laptop sobat maka disarankan untuk restart laptop atau komputer sobat.
Semoga tutorial Solusi Cara Memperbaiki Laptop dan Komputer Tidak Bisa Mengeluarkan Suara dapat memberikan manfaat untuk sobat semua.
Salam IT Newbie.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Solusi Cara Memperbaiki Laptop dan Komputer Tidak Bisa Mengeluarkan Suara

0 comments:

Post a Comment