Saturday, July 18, 2015

Cara Mengetahui IP Address Komputer Kita Sendiri

Advertisement

Pernahkah diantara sobat yang kebingungan mencari IP Address Komputer/laptop kita sendiri?. IP Address adalah Internet Protocol yang merupakan sebuah alamat pada komputer kita yang terhubung dengan internet yang juga merupakan deretan angka biner yang berpartisipasi dalam akses jaringan. IP publik adalah Alamat IP address kita yang terhubung dengan internet yang biasanya diberikan oleh sebuah provider dengan menggunakan DHCP (Dynamic Host Control Protocol), yang sifatnya random.

Sedangkan IP address Lokal adalah sebuah alamat yang diberikan oleh server lokal, yang biasanya digunakan pada jaringan local, WIFI, atau warnet. Untuk mengetahui alamat IP address publik komputer kita sobat dapat mengetahuinya dengan cara membuka sebuah website di browser yang terhubung dengan internet, dengan alamat http://whatismyipaddress.com/

Pada tutorial terdahulu IT Newbie pernah membahas tentang Cara Menjahili PC Client dalam Jaringan Komputer. Namun kali ini IT Newbie akan membahas Cara Mengetahui IP Address Komputer Kita Sendiri, seperti berikut ini.
Cara Mengetahui IP Address Komputer Kita Sendiri

Dalam study kasus ini IT Newbie saat itu menggunakan sebuah provider dari AXIS dan mempunyai IP address 27.111.48.58

Mari sekarang kita cek alamat IP Lokal yang telah diberikan oleh server provider kita. Saat ini IT Newbie diberikan IP dari server Axis secara DHCP.
Sobat bisa masuk ke RUN kemudian ketikan cmd.
Setelah itu ketik ipconfig dan enter.

Cara Mengetahui IP Address Komputer Kita Sendiri


Sobat bisa lihat IPv4 Address, maka alamat itu lah yang telah diberikan oleh server provider kita. IT Newbie mempunyai IP address lokal : 10.112.169.118.

Kesimpulannya jika kita membuka website facebook, maka data dari facebook akan dikirim ke server Axis kemudian setelah itu dikirim ke kita.

Semoga tutorial ini dapat bermanfaat untuk sobat semua.
Salam IT Newbie.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengetahui IP Address Komputer Kita Sendiri

0 comments:

Post a Comment