Friday, February 15, 2013

Tips Ampuh Cara Membersihkan Virus Dorkbot

Advertisement

Virus Trojan Dorkbot
Tips Ampuh Cara Membersihkan Virus Dorkbot - Untuk cara mengatasi virus yang membandel pada komputer, biasanya IT Newbie mulai menganalisa, apa yang dilakukan oleh virus dan dampak yang terjadi terhadap data beserta file-file saya. Ternyata beberapa aplikasi yang biasa saya gunakan mulai terinfeksi, virus dorkbot ini menginfeksi file .exe saya. Dimana aplikasi saya saat itu tidak bisa digunakan sama sekali.

Sempat bingung dan hampir panik karena dengan terinfeksi virus satu aplikasi saja maka pasti akan menginfeksi ke beberapa aplikasi lainnya. Saat itu saya mencoba menscan dengan antivirus lokal dan memang terdeteksi oleh antivirus tersebut. Namun tidak sepenuhnya bersih, yang ada beberapa aplikasi saya termakan dan tidak bisa digunakan lagi. Sepertinya ada beberapa antivirus yang membersihkan namun tidak bisa mengembalikan aplikasi yang sudah terinfeksi, sehingga tidak bisa digunakan kembali.

Pada tutorial yang terdahulu IT Newbie juga sering membahas tentang virus yang berjudul Tips Cara Menghapus Virus Shortcut dan Cara Menghapus Virus Conficker

Dan saya berpikir virus trojan dorkbot ini memang sudah menyerang beberapa aplikasi pada komputer saya, saya mencoba untuk tenang dan tidak panik, lalu saya mencoba melakukan pembersihan pada komputer saya, yaitu sebagai berikut :

1. Saya melakukan pemutusan pada koneksi internet atau jaringan pada komputer saya.
2. Masuk ke safe mode pada booting komputer untuk melakukan pembersihan secara manual.
3. Lalu saya mengecek pada task manager dan registry, aplikasi apa saja yang berjalan dan file-file yang mencurigakan.
4. Kemudian mencoba menghapus file-file yang mencurigakan terutama beberapa file yang sudah terinfeksi dengan nama DorkBot.bx

Lalu IT Newbie melakukan pembersihan virus dengan cara lain yaitu :

1. Saya melakukan download antivirus dari komputer yang masih fresh atau komputer yang belum pernah terinfeksi komputer. antivirus removal tools tersebut dapat sobat dapatkan disini.
2. Kemudian saya compress menjadi file .zip untuk di copy ke komputer yang sudah terinfeksi virus dorkbot.bx.
3. Lalu pada file antivirus ,zip tersebut saya klik kanan kemudian klik explore.
4. Kemudian klik 2 kali pada file .zip tadi yang sudah berada di explore.
5. Lalu klik RUN
6. Klik accept untuk melakukan persetujuan konfirmasi pada jendela baru.
7. Kemudian sobat dapat memastikan pada tab scan harus menunjuk ke mode Quick.
8. Kemudian Ceklist Enable Quarantine, Memory Scanning, FakeAv Scanning, Cleaning, Rootkit Cleaning, Sandbox, Detection of potentially unwanted programs, Multitrheading.
9. Lalu klik start untuk melakukan proses scannya. dan biarkan hingga semua proses scan untuk virus DorkBot.Bx itu selesai.

Untuk melakukan langkah selanjutnya, sobat dapat memperbaiki registry yang telah diubah oleh virus. Sobat dapat menyalinnya pada kode dibawah ini :

[Version]
signature="$Chicago$"
Provider=Vaksincom Oyee
[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del
[UnhookRegKey]
HKCU,
Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advenced,
ShowSuperHidden,0x00010001,1
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advenced,
ShowSuperHidden,0x00010001,1
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advenced,
HideFileExt,0x00010001,0
HKML, SOFTWARE\CLASSES\batfile\-shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKML, SOFTWARE\CLASSES\comfile\-shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKML, SOFTWARE\CLASSES\exefile\-shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKML, SOFTWARE\CLASSES\piffile\-shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKML, SOFTWARE\CLASSES\regfile\-shell\open\command,,,"regedit.exe "%1""
HKML, SOFTWARE\Microsotf\WindowsNT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, "Explorer.exe
HKML, SOFTWARE\Microsotf\WindowsNT\CurrentVersion\Winlogon, Userinit; 0,
c:\WINDOWS\System32\userinit.exe
[del]
HKCU, Software\WinRAR SFX

Kemudian sobat bisa menyimpan nya di desktop dan beri nama file tersebut dengan nama "repair-registry.inf"  lalu sobat bisa menyimpannya dengan dengan saveAs kemudian rubah typenya menjadi all files.
Untuk menjalankannya sobat hanya melakukan klik kanan kemudian install. setelah itu restart komputer sobat.

Setelah itu sobat dapat membersihkan juga temporary file dan jejak virus trojan dorkbot.bx. dengan cara sebagai berikut :
1. Klik Start - RUN
2. ketik cleanmgr dan kemudian enter
3. Sobat bisa memilih drive C:/ dan biarkan sampai selesai pada proses scan drive tersebut
4. Kemudian akan muncul jendela Cleanup, lalu sobat dapat memberi tanda pada file yang akan sobat hapus, setelah itu sobat jangan lupa juga untuk centang atau pilih Temporary Filesnya. Lalu klik Ok.
5. Kemudian instal Security patch MS10-046 sesuai dengan versi windows yang sobat miliki. Untuk urlnya sobat bisa masuk di http://www.microsoft.com/technet/security/bulletin/ms10-046.mspx.

Nah dengan cara seperti diatas sobat dapat dengan mudah Membersihkan dan Mengatasi Virus Trojan DorkBot. Agar virus DorkBot.Bx tidak kembali,
Sekian semoga tutorial ini dapat memberikan wawasan untuk sobat semua, Jika ada yang kurang dimengerti sobat bisa berkomentar dibawah form berikut ini.
Salam IT Newbie..

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Ampuh Cara Membersihkan Virus Dorkbot

0 comments:

Post a Comment