Saturday, September 7, 2013

Cara Memeriksa Kerusakan LCD pada Laptop

Advertisement

Cara Memeriksa Kerusakan LCD pada Laptop yang rusak memang satu hal yang sangat tidak mengenakkan, Sebulan yang lalu IT Newbie menolong rekan ane yang mengalami perihal LCD laptop kepunyaannya yang tidak mau menyala sama sekali. Ini merupakan pengalaman baru untuk IT Newbie dikarenakan umumnya LCD mati secara keseluruhan namun ini computer masih berjalan dengan normal serta lampu lcd tidak menyala sama sekali. Bila dipandang dengan senter penampilan layar tetap bisa dipandang. kemungkinan dari rusaknya penampilan LCD laptop yaitu rusaknya pada inverter laptop.
Inverter Screen yaitu satu komponen yg umumnya ada dibawah LCD laptop yang berperan utama sebagai pengatur led serta connector kabel flexibel lcd anda.

Sebab tanda-tanda inverter rusak :
Umumnya lcd jadi redup atau buram atau penampilan gambar tampak agak gelap bila laptop didalam situasi hidup, LCD digerakkan buka tutup, gambar jadi agak sedikit goyang / beralih. Ada panas yg tidak normal di bagian dalam inverter ( di bawah lcd tertutup daftar casingnya ). 

Cara Memeriksa Kerusakan Inverter LCD pada Laptop

Untuk meyakinkan bahwa inverter sobat yg rusak, dapat dikerjakan dengan cara menyambungkannya dengan monitor tabung CRT biasa. Bila gambar tampak normal ke layar monitor, berati memang benar adanya inferveter saja yg rusak.
Jika penampilan di layar monitor gambar pecah atau turut goyang, artinya vga onboard-nya yg punya masalah. lantas janganlah terjerat untuk segera ganti LCD.

Langkah ke-2 untuk meyakinkan yaitu dengan coba buka cover depan lcd, lepaskan kabel inverter lantas gunakan kembali. 
Bila ke-2 langkah tersebut belum sukses kemungkinan lampu dari lcd mati. anda mesti ganti lampunya saja atau ganti dengan lcd baru yang biayanya barangkali lebih mahal dari pada melakukan perbaikan lampu.

Sebaiknya kenali dahulu kerusakan pada LCD laptop sobat, jangan terburu-buru untuk menggantinya dengan LCD yang baru. Dengan cara menganalisa secara mendalam paling tidak sobat dapat mengetahui permasalahan yang ada. Dan Laptop yang rusak bisa diperbaiki dan dirawat agar lcd laptop dapat awet dan tahan lama.

Semoga tutorial Cara Memeriksa Kerusakan LCD pada Laptop ini dapat memberikan manfaat untuk sobat semua.
Salam IT Newbie.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memeriksa Kerusakan LCD pada Laptop

2 comments:

  1. Laptop saya waktu di hidupkan lcdnya rusak dan bergoyang-goyang lalu berwarna hijau,,tapi waktu di sambungkan ke monitor layarnya seperti biasa di monitor,kalau yang di laptop tetap saya layarnya rusak

    ReplyDelete
  2. @muhammad anrezu : sepertinya memang benar adanya screen LCD nya yang rusak, lebih baik ganti dengan LCD yg baru..

    ReplyDelete