Sunday, April 19, 2015

Cara Mengatasi Laptop Mati Total Terkena Air

Advertisement

Cara Mengatasi Laptop Mati Total Terkena Air juga terkadang mati mendadak dengan sendiri dapat kita atasi dengan berbagai cara yaitu dengan cara menganalisa kerusakannya. Seringkali diantara kita kurang memperhatikan laptop kita yaitu kejadian laptop terkena air, jika kejadian itu terjadi pada sobat sebaiknya jangan panik dulu karena permasalahan ini dapat kita atasi dengan mudah jika kita tahu penanganannya.

Permasalahan Laptop mati total karena terkena air, yang bisa saja masuk merembes ke keyboard dan ke komponen mainboard lainnya merupakan kejadian fatal karena dapat merusak komponen didalamnya terlebih lagi jika laptop tersebut masih dalam keadaan menyala dan arus komponen didalamnya sedang bekerja. Untuk itu IT Newbie akan memberikan sedikit tips langkah dan cara mengatasi laptop mati terkena air :

Sebelum mengetahui cara dan langkah-langkahnya sobat harus membaca tutorial sebelumnya yaitu mengetahui ciri-ciri dan solusi pada kerusakan laptop dan cara merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak.
 Cara Mengatasi Laptop Mati Total Terkena Air

Cara Mengatasi Laptop Mati Total Terkena Air :
1. Segera matikan laptop beserta listrik yang berasal dari PLN dan kemudian cabut charger baterai laptop untuk mencegah konslet yang lebih parah pada komponen didalamnya.

2. Cabut semua perangkat yang terhubung dengan komputer seperti mouse, modem, dan lainnya, agar terhindar dari konslet yang merembet ke semua komponen dan perangkat lainnya.

3. Balikkan laptop dengan keadaan membalik sehingga air didalam nya bisa segera turun dan tidak menyebar ke bagian komponen lainnya. 

4. Sebaiknya bongkar bagian dalam laptop karena pasti ada beberapa komponen didalamnya yang sudah terkena rembesan air.

5. Gunakan kain dengan daya serap yang tinggi dan usahakan dapat menjangkau semua bagian-bagian terkecil pada komponen. jika tidak terjangkau maka gunakanlah cotton buds.

6. Masih dalam keadaan laptop terbuka, gunakan hair dryer agar air didalam laptop segera kering dan tidak merembet menyebar ke komponen lainnya.

7. Jika sobat sudah yakin kering, tidak adanya air didalamnya maka rakit kembali komponen yang telah dibongkar tadi kemudian nyalakan laptop apakah masih bisa menyala dengan baik.

Catatan : Jika laptop masih dalam garansi maka tetap tidak akan di berikan garansi atau dengan kata lain tidak berlaku dari distributor karena laptop yang terkena air merupakan kesalahan dari user bukan dari hardware.

Semoga tutorial Cara Mengatasi Laptop Mati Total Terkena Air dapat bermanfaat untuk sobat semua.
Salam IT Newbie.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Laptop Mati Total Terkena Air

0 comments:

Post a Comment