Thursday, January 15, 2015

Tips Ampuh Cara Memperkuat Sistem Komputer

Advertisement

Firewall
Tips Ampuh Cara Memperkuat Sistem Komputer - Sistem komputer yang kita punya harus mempunyai sistem yang kuat agar komputer yang kita pakai tidak mudah terserang virus, trojan, malware dan program pengrusak lainnya. Setiap orang memiliki sistem pertahanan yang berbeda-beda, terkadang diantara kita sudah memiliki sistem komputer yang dirasa cukup kuat dengan pertahanan dari antivirus, anti spyware, anti trojan, bahkan 2 antivirus sekaligus diinstall dalam 1 komputer namun tetap saja virus dapat mudah menginfeksi sistem komputer kita.

IT Newbie juga pernah mempunyai beberapa pengalaman dimana saat itu saya pernah menginstall sampai 2 antivirus dan tetap saja dapat jebol juga dengan terinfeksinya virus melalui berbagai media. Dengan adanya lebih dari 1 antivirus juga dapat memperlambat sistem komputer kita.

Dalam tutorial terdahulu IT Newbie juga pernah membahas tentang Software Firewall gratis Untuk Keamanan Aktifitas Internet anda dan Tips Ampuh Cara Menanggulangi Virus Conficker. Untuk mengamankan komputer dari berbagai virus, maupun program jahat lainnya, IT Newbie mempunyai beberapa tips guna memperkuat sistem komputer kita, langsung saja kita bahas seperti berikut ini:

1. Cek komputer sobat secara berkala, apakah komputer sobat sudah melakukan windows update?, jika belum, segera update windows sobat secara berkala agar sistem komputer sobat mempunyai sistem yang kuat, dan juga mempunyai patch - patch terbaru dari windows.

2. Jika sobat menggunakan windows XP, sebaiknya sobat menggunakan XP security monitor, tambahan dari patch windows ini hadir dalam windows xp sp2, dalam patch xp security monitor ini akan memiliki pemberitahuan dimana system akan memberikan sebuah pesan jika ada antivirus yang tidak update, untuk segera di update.

3. Kalau bisa tidak ada file yang di hidden, sebaiknya sobat melakukan "hide file extensions for known file types” tidak tercentang dalam sebuah Folder Option dari Windows Explorer sobat.

4. Sobat juga harus memastikan browser internet pada komputer sobat, karena terkadang virus juga bisa menyusup ke komputer sobat dengan sebuah perantara popup dari browser. Segera lakukan update browser secara berkala, baik secara manual atau secara otomatis.

5. Email juga terkadang bisa menyusup melalui sebuah file attachment, jangan sembarangan membuka file email attachment dari seseorang yang belum sobat kenal. Bisa jadi file yang dikirim berupa virus, torjan maupun malware.

6. Jika sobat sering chatting pada sebuah yahoo messenger, dan ada teman atau orang yang belum sobat kenal mengirim sebuah link sebaiknya jangan dibuka, karena terkadang link yang akan dibuka berupa website phising atau sebuah malware yang akan menyusup pada komputer sobat.

7. Backup selalu data-data penting sobat secara berkala, jika suatu saat komputer sobat memang sudah terinfeksi virus, karena terkadang data bisa saja terinfeksi dan bisa menghilangkan data-data sobat. sedia payung sebelum hujan.

Dengan mengikuti tutorial penting diatas, setidaknya sobat dapat memperkuat sistem komputer sobat sendiri secara manual.
Semoga tutorial Tips Ampuh Cara Memperkuat Sistem Komputer ini dapat bermanfaat untuk sobat semua.
Salam IT Newbie..

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Ampuh Cara Memperkuat Sistem Komputer

0 comments:

Post a Comment