Thursday, January 15, 2015

Tips Cara Penanganan dan Kalibrasi Baterai Laptop

Advertisement

Battery Laptop
Tips Cara Penanganan dan Kalibrasi Baterai Laptop - Salam IT Newbie, Masih saja saya akan tetap berbagi sedikit info mengenai masalah yang cukup sederhana untuk para newbie yaitu masalah ketahanan pada kapasitas baterai laptop. Dimana penurunan kapasitas penyimpanan baterai laptop saya akhir-akhir ini cukup menurun drastis, contohnya, laptop HP saya yang biasa setia menemani saya dalam bekerja atau menulis artikel ini yang sudah dipakai kurang lebih hampir 3 tahunan, penurunan kapasitas penyimpanan baterai ini saya rasakan setelah memakai 1 tahunan. Biasanya saya memakai laptop ini sekali charge bisa kuat 4-5 jaman namun setelah dipakai 1 tahunan mulai terasa penurunannya. sekarang sekali charge hanya kuat kurang lebih 2-3 jaman.cukup terasa menurun bukan??


Kenapa bisa awet kurang lebih 1 tahunan setelah dipakai?? karena sudah kebiasaan saya saat baterai laptop sudah mencapai kehabisan 20% saya langsung mengisi nya dengan cara men charge nya. Dari berbagai sumber memang seperti itu, jangan dibiarkan sampai habis benar kapasitas baterai nya.

Pada pembahasan terdahulu IT Newbie pernah membahas Cara Merawat Hardisk Laptop dan 5 Tips Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan namun langsung saja akan kita bahas Cara Penanganan dan Kalibrasi Baterai Laptop :

Sebelumnya sobat harus tahu apa itu rekalibrasi?
Didalam sebuah baterai laptop terdapat sebuah pengukur kapasitas dari laptop, dimanakita bisa mengetahui jumlah energy yang tersimpan dalam baterai. Namun terkadang jika laptop kita sudah berumur dan jika dilihat dari pemakaian nya juga sangat berpengaruh terhadap kapasitas baterai laptop itu sendiri. Dan terkadang dari sensor pengukur baterai sangat tidak akurat. contohnya, saat sobat melihat di bawah bar tiba-tiba muncul pemberitahuan bahwa kapasitas baterai masih 20% namun kenyataannya kapasitasnya jauh lebih rendah dan secara tiba - tiba laptop langsung mendadak.

Sebenarnya prinsip kerja dari rekalibrasi itu sendiri yaitu sebuah pengosongan penuh atau full discharge kemudian diikuti dengan pengisian penuh atau biasa disebut dengan full charge. 

Cara Rekalibrasi pada Baterai Laptop
Langkah - langkah cara rekalibrasi pada baterai laptop contohnya seperti berikut ini:
  • Sobat harus melakukan charge normal sampai pengisian 100% full
  • Kemudian sobat bisa cabut charge adaptor, biarkan baterai laptop melakukan proses pendinginan setelah dicabut, dan gunakan laptop sobat seperti biasa secara normal.
  • Sobat bisa masuk ke menu control panel dan masuk ke power options, dan kemudian ikuti langkah-langkahnya seperti gambar berikut ini :

Kalibrasi Baterai Laptop Setting

Kalibrasi Baterai Laptop Setting Windows

  • Pada menu balanced sobat bisa klik change plan setting - Change Advanced Power Setting
  • Pada menu tab advanced sobat bisa klik setting pilih balanced  dan bisa mengikuti seperti gambar diatas
  • Setelah semua settingan selesai, sobat bisa gunakan laptop seperti biasa dalam keadaan normal sampai kapasitas battery habis da dengan sendirinya laptop akan melakukan hibernasi.
  • Laptop sobat kalau bisa dibiarkan dalam keadaan hibernasi sekitar kurang lebih 4 jam. Tujuannya yaitu untuk melakukan pengosongan penuh atau biasa disebut full discharge.
  • Kemudian lakukan charge secara penuh hingga kapasitas baterai 100% full
  • Sobat bisa lakukan langkah ini sampai sekitar 3 kali berturut - turut hingga proses kalibrasi nya berlangsung penuh.
Dengan mengikuti seperti langkah - langkah diatas maka kapasitas baterai akan naik kembali dan pengukuran baterai dapat terlihat akurat, Penggunaan cara ini setidaknya bisa sobat lakukan agar ketahanan baterai bisa lebih lama.

Semoga tutorial Tips Cara Penanganan dan Kalibrasi Baterai Laptop dapat bermanfaat.
Salam IT Newbie

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Cara Penanganan dan Kalibrasi Baterai Laptop

0 comments:

Post a Comment