Friday, December 18, 2015

Cara Mengatasi Sound Card Laptop yang Rusak

Advertisement

Cara memperbaiki Sound Card Komputer Laptop yang Rusak tidak mengeluarkan suara - Biasanya cara service sound card laptop yang rusak sangat mudah sekali untuk diperbaiki yang biasanya rusak hanya karena driver tidak update, driver yang sudah ada terinfeksi virus biasanya terhapus oleh antivirus. dan banyak hal lain yang memang sering kita jumpai saat kita ingin menggunakan komputer untuk mendengarkan musik. Sound untuk laptop atau komputer memang tidak bisa kita lupakan karena sangat penting untuk mendengarkan musik dan menonton video.

Untuk memperbaiki sound card yang rusak juga perlu kita analisa, apakah memang benar rusak hanya pada driver yang belum update atau berlum terinstall atau memang karena rusak pada hardware nya. Untuk itu disini IT Newbie akan memberikan beberapa langkah untuk menganalisa dan mengetahui sebenarnya rusak karena software atau hardwarenya.

Cara Mengatasi Sound Card Laptop yang Rusak

Berikut ini langkah-langkah cara mengatasi sound card laptop yang rusak :
Sebelum sobat memutuskan bahwa sound card laptop rusak, ada baiknya yang perlu sobat cek pertama kali yaitu :
1. Cek dan update dan install ulang pada drivernya dengan driver asli dari vendor aslinya.
2. Kemudian sobat bisa cek speakernya, apakah benar-benar rusak, coba dengan menghubungkannya ke speaker aktif yang memang bisa digunakan.
3. Lalu jika memang masih tidak keluar suaranya maka memang benar sound card nya rusak di ic chipnya. Permasalahan seperti inilah yang akan kita bahas pada tutorial ini.

Cara Mengatasi Sound Card Laptop yang Rusak

Cara Service Sound Card Laptop yang Rusak dan tidak mengeluarkan suara
1. Cara 1 ini agak susah dilakukan, yaitu dengan cara mengganti chip sound card komputer laptop yang rusak dengan yang sejenis/ sama seperti yang rusak.
2. Cara 2 yaitu cukup mudah yaitu dengan cara memasang sound card usb yaitu hanya dengan cara colok dan pasang driver.
3. Cara 3 yaitu dengan cara melakukan modifikasi sound card usb yang akan kita pasang di dalam casing laptopnya.

Cara Service Sound Card Laptop yang Rusak dengan melakukan modifikasi sound card usb dengan memasang di dalam body laptopnya :

1. Buka pada casing Sound Card USB yang sudah sobat beli.
2. Kemudian buka casing laptop/ komputer sehingga jalur pada motherboard kelihatan dan cari jalur port USBnya.
3. Lalu hubungkan USB sound card tadi dengan jalur port USB dengan cara menggunakan kabel. Jadi sobat menggantinya yang biasanya sobat colokkan ke port usb, namun kali ini sobat langsung sambung saja dengan kabel ke port usbnya. Untuk menyambungnya gunakan solder agar kuat sambungannya tidak cepat putus.

Note Penting : jalur pada USB yaitu ada 4 kabel : positif 5v, data +, data -, dan ground. Namun jangan sampai terbalik dalam melakukan penyambungannya.

4. Lalu hubungkan jalur pada jack Sound card USB dengan speaker komputer/laptop sobat dengan menggunakan kabel yg telah di solder sebelumnya.
5. Kemudian tempatkan sound card USB di tempat yang ruang layoutnya kosong (note : pada setiap laptop berbeda jalur layoutnya), lalu rapikan kabel-kabelnya. Dan kemudian pastikan sound card tidak kendur di dalam casing laptop, maka sobdat dapat menggunakan lakban atau sekrup jika perlu, agar tidak goyang dan kendur.
6. Sound card laptop yang rusak siap di tes apakah sudah berhasil atau belum.
Selamat mencoba..
Bagaimana cukup mudah bukan..

Demikian tutorial Cara Mengatasi Sound Card Laptop yang Rusak semoga bermanfaat.
Salam ITNewbie..

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Sound Card Laptop yang Rusak

0 comments:

Post a Comment