Thursday, June 27, 2013

Trik Cara Membuat Otomatis Shutdown di Windows 7

Advertisement

Trik Cara Membuat Otomatis Shutdown di Windows 7 - Cara membuat shutdown menjadi cepat pernah IT Newbie bahas pada tutorial yang lalu. Dimana kejadian yang sangat membuat kesal karena hanya shutdown saja membutuhkan waktu 3 menit, karena tidak mau lama menunggu akhirnya saya mencoba matikan secara langsung dengan cara menkan tombol power shutdown. Cara seperti ini memang sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak system dan motherboard sobat.

Namun kali ini IT Newbie ingin memberikan sedikit informasi yang mungkin berguna untuk sobat semua yaitu tentang cara membuat otomatis shutdown di windows 7. Kadang kala kita sedang download sebuah game, namun kita sudah ngantuk untuk menunggu dan laptop masih dalam keadaan menyala. karena malas menunggu download selesai, kita bisa membuat sebuah jadwal dengan cara membuat jadwal dengan timer yang telah kita tentukan contohnya kita bisa buat waktu 1 jam lagi maka komputer akan shutdown secara otomatis.

Langsung saja kita bahas dan langkah-langkah nya sebagai berikut :

1. Buka jendela Task Schedule
  • Sobat bisa buka Start kemudian pilih system tools kemudian klik task schedule atau
  • Sobat bisa masuk ke menu RUN atau pada kotak search programs and files kemudian ketikan : Taskschd.msc
Trik Cara Membuat Otomatis Shutdown di Windows 7

2. Klik Create Basic Task, berikan nama dan deskripsi pada task tersebut, contohnya dengan nama "Membuat Automatic Shutdown Windows 7". Klik Next untuk melanjutkan.
3. Pada menu Task Trigger, tentukan kapan task (pekerjaan) tersebut akan dijalankan, contohnya harian, mingguan dan yang lainnya. Karena IT Newbie hanya akan menjalankan Automatic Shutdown ini cuma sekali, maka IT Newbie pilih One Time.
4. Lalu kemudian sobat bisa tentukan waktu (tanggal dan jam) kapan trigger (pemicu) tersebut akan dijalankan. Jika sudah selesai maka klik Next.
5. Lalu kemudian pada menu Action, tentukan apa yang akan dijalankan oleh task tersebut pada waktu yang telah sobat tentukan. Disini sobat bisa pilih Start a program. Kemudian klik Next.
6. Lalu kemudian pada Program/script pilih program shutdown.exe atau sobat bisa ketik: C:\Windows\System32\shutdown.exe /s.

Trik Cara Membuat Otomatis Shutdown di Windows 7

7. Lalu kemudian klik finish untuk menyelesaikan pengaturannya.

Bagaimana cukup mudah bukan??
Dengan mengikuti seperti langkah-langkah diatas sobat dapat menghemat waktu dan energi agar laptop dapat shutdown secara otomatis.

Semoga tutorial Trik Cara Membuat Otomatis Shutdown di Windows 7 ini dapat memberikan wawasan sobat semua..
Salam IT Newbie..

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Trik Cara Membuat Otomatis Shutdown di Windows 7

0 comments:

Post a Comment